Terima Kasih, Abang G: Serba-serbi Pra-UTBK

Di tulisan sebelumnya aku sudah membahas serba-serbi sehari sebelum hari UTBK-ku tahun lalu. Tulisan ini akan membahas apa saja yang terjadi saat pra-UTBK!

Enditawidianti
3 min readMay 15, 2022

(Footage hari-h UTBK juga terdapat di video YouTube yang sudah kubagikan sebelumnya)

#Pra-UTBK

Jika kalian mengira aku akan mengetik kalimat “Pagi itu aku bangun setelah sahur dan sangat siap untuk menjalani hari”, kalian salah besar. Aku tidak sahur dan tidak tahu bagaimana hariku akan berjalan dengan keadaan tidak makan-minum tetapi harus berpikir dan fokus selama kurang lebih 4 jam. Namun, hidup tetap hidup ya teman-teman, dijalani aja dloe. Aku kemudian menerima keadaan dan segera mandi untuk ujian yang dilaksanakan jam 2 siang. Setelah siap, aku berpamitan pada buku-buku Latihan UTBK yang tlah membantu otak udang ini berkembang menjadi udang dewasa dan juga seluruh sudut ruangan yang menjadi saksi keseriusan dan tangisanku ketika gagal menjawab soal hidrologinya geografi.

Aku tidak survei tempat h-1 UTBK sehingga harus datang lebih awal untuk melihat letak kelas tempat aku akan ujian nanti. Sesampainya di lokasi, aku turun untuk survei kemudian kembali lagi ke mobil karena ini Pekanbaru (trial neraka shay) — Shoutout buat sahabat-sahabatku yang juga berjuang di hari yang sama tetapi di lokasi yang berbeda dan yang menyempatkan untuk menelfonku memberi ucapan semangat

sumber instagram.com/andskrr

Jam saat itu menunjukkan waktu azan Zuhur dimana hanya menyisakan waktu sejam sebelum dimulainya ujian. Aku dan temanku pun bergegas ke mushala untuk shalat. Kalian ingatkan, hari itu aku tidak sahur dan memutuskan untuk tetap melanjutkan puasa. Dirumah, ibuku sempat membawakanku biskuit untuk berjaga. Ketika hendak berjalan ke kelas, aku merasakan perutku sakit tertahankan. Melihat kondisi memburuk aku pun ke wc, DAN JEDER…… bulanku datang;), sementara yang ada di tasku hanyalah biskuit, bukan air minum, apalagi pembalut. Dan disinilah, petualanganku dimulai:

  • Bertanya pada semua peserta perempuan apakah membawa pembalut atau tidak? Hasil: X
  • Meminta tolong pada security untuk menanyakan pada janitor perempuan apakah ada pembalut atau tidak? Hasil: X
  • Membuka aplikasi G*jek untuk membeli pembalut & air minum. Hasil: ✓
  • Abang G*jek datang tepat waktu? Hasil: X
  • Menitipkannya pada pengawas UTBK dan diantarkan tepat saat aku sudah berada di dalam ruangan. Hasil: ✓

Petualanganku tersebut justru membuatku lebih tenang dalam mengerjakan soal karena aku hanya concern dengan pembalutku dan setelah semuanya beres aku merasa sangat lega dan berpengaruh pada mood-ku yang menjadi tenang. Oleh karena itu,

Beberapa tips Pra-UTBK yang bisa kubagikan:

  1. Pastikan kalian MAKAN & MINUM sebelum berangkat.
  2. Pamit dan minta doa pada siapapun dan apapun yang ada.
  3. Cek kembali kebutuhan yang mau dibawa sudah lengkap.
  4. Berangkatlah lebih awal untuk mencegah adanya kemacetan dan halangan lainnnya.
  5. Jangan lupa membawa PEMBALUT dan AIR MINUM.

Sekian cerita pra-UTBK ku, nantikan apa saja yang terjadi dan tips pada waktu pengerjaan ujian esok harii!

#31HariMenulisKreatif #15

Halo semua! terima kasih sudah membaca tulisanku. Have a nice day!

--

--